Skip links

Karyawan

Kartini Sandra Tilukay, satu dari karyawan perempuan lulusan Mining Apprentice Program di Tambang Tembaga Wetar. [Foto: Dino Musida/BKP-BTR]
Setiap karyawan di Merdeka memiliki kesempatan yang sama dalam proses rekrutmen, pengembangan kompetensi, evaluasi kinerja, remunerasi dan pengembangan karier tanpa memandang gender, suku, agama, ras, atau status sosial.

Seluruh karyawan Merdeka berhak mendapatkan layanan kesehatan, asuransi kesehatan, cuti melahirkan, bonus, juga seluruh hak-hak karyawan sesuai regulasi di Indonesia, dengan fokus pada hak terkait risiko keselamatan dan kesehatan kerja, sebagai bagian tak terpisahkan dari perusahaan pertambangan. Merdeka menghormati hak pekerja untuk berserikat demi menjaga Merdeka tetap objektif dalam meningkatkan kesejahteraan dan pencapaian bersama.

Kami meyakini bahwa karyawan merupakan aset kami yang paling berharga dan memiliki peran strategis dalam mendukung keberlanjutan usaha kami. Ketersediaan tenaga ahli dan karyawan yang profesional dan kompeten sangat penting untuk menunjang terlaksananya kegiatan tata kelola penambangan yang baik. Oleh karena itu kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia kami, dengan ditunjang dengan sistem informasi yang memadai.

Sekalipun tidak terjadi diskriminasi berdasarkan gender dalam rekrutmen karyawan, jumlah karyawan perempuan di Merdeka masih rendah, sebagaimana kondisi umum di sektor pertambangan Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan representasi karyawan perempuan dalam setiap level manajemen.

Karyawan

Total karyawan Merdeka per 31 Desember 2021 mencapai 3.498 orang, bertambah 28% dari 2020. Pergantian karyawan pada 2021 sebesar 7,89%, naik dari 4,70% pada 2020. Sekitar 70% dari karyawan Merdeka berasal dari kabupaten dan provinsi di mana kami beroperasi dan 0,6% merupakan tenaga kerja asing.

Representasi Karyawan Perempuan

Dari total karyawan Merdeka per 31 Desember 2021, sejumlah 306 orang atau 8,7% adalah perempuan, atau bertambah dari 193 orang perempuan atau 7,6% pada 2020. Sebagai bagian dari komitmen untuk meningkatkan representasi perempuan pada manajemen puncak dan menengah, Merdeka telah mengangkat Direksi perempuan pertamanya pada Mei 2021.

Meneruskan keberhasilannya pada 2020, Merdeka pada 2021 kembali menyelenggarakan Green Operator Program, sebuah program perekrutan pekerja perempuan untuk menjadi operator alat di lokasi operasi Tambang Tujuh Bukit dan Tambang Tembaga Wetar.

Kebijakan dan Prosedur Operasi Standar

Merdeka telah merumuskan serangkaian kebijakan dan prosedur operasi standar terkait pengelolaan Sumber Daya Manusia yang berfokus pada keamanan, kenyamanan, kesejahteraan, dan pengembangan karier karyawan.

Rencana Strategis Perusahaan

Merdeka membuat Rencana Lima Tahunan, yang menjadi basis bagi rencana tahunan dan Key Performance Indicators, baik divisi maupun individu. Rencana Lima Tahunan tersebut menjadi panduan strategis untuk memperjelas pemetaan kebutuhan SDM, dari kebijakan perekrutan, pelatihan karyawan, penentuan penambahan pekerja kontrak maupun konsultan eksternal.

Sistem Imbalan Kerja

Merdeka mengubah sistem imbalan kerja menjadi lebih menarik dan terstruktur untuk menjaring talenta terbaik di pasar tenaga kerja dan mempertahankan talenta yang ada.

Serikat Pekerja

Karyawan Merdeka yang bekerja di dua operasi tambang telah tergabung dalam serikat pekerja di setiap operasi. Per 31 Desember 2021, di Tambang Emas Tujuh Bukit terdapat 1.232 anggota serikat pekerja, sementara di Tambang Tembaga Wetar, Pulau Wetar, Maluku Barat Daya, terdapat 1.232 anggota serikat pekerja.

Karyawan Merdeka yang bekerja di wilayah proyek, seperti Proyek Emas Pani, Proyek AIM, dan Proyek Tembaga Tujuh Bukit, belum tergabung dalam serikat pekerja. Sementara itu, PT Merdeka Copper Gold Tbk, sebagai perusahaan induk, telah memiliki Lembaga Kerja Sama Bipatrit.

Pelatihan 

Selama 2021, Merdeka mengadakan berbagai macam pelatihan. Di antaranya terkait Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan, sertifikasi kompetensi teknis pekerjaan, dan pengoperasian alat bergerak di operasi tambang.

Selain itu, Merdeka juga mengadakan pelatihan mengenai kepemimpinan, sensitivitas budaya, bahasa (Inggris dan Indonesia), dan manajemen kerja yang diadakan untuk beragam jenjang karyawan. Secara rutin, Merdeka juga mengadakan pelatihan untuk karyawan-karyawan yang baru bergabung melalui program rekrutmen Merdeka Young Talent Program.

Laporan Keberlanjutan

Karya fotografi Sainuddin Arga (BSI) yang menjadi Favorite Winner dalam kompetisi foto Hari Bumi.

Kompetisi Karyawan Merdeka

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.