Skip links

Kinerja Ekonomi

Karyawan PT Bumi Suksesindo menjelaskan perkembangan mutakhir eksplorasi Proyek Tembaga Tujuh Bukit dalam suatu kunjungan pada November 2021. [Foto: Anggung Setiawan/BSI]
Merdeka adalah perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 2015 di mana transparansi dan akurasi kinerja ekonomi perusahaan merupakan keniscayaan.

Merdeka berkomitmen untuk mendukung penerimaan negara dan pemerintah daerah di wilayah operasi tambang melalui kontribusi pajak dan non-pajak, gaji dan tunjangan karyawan, penciptaan lapangan kerja bagi penduduk dari kabupaten dan provinsi di mana kami beroperasi, dan kesempatan usaha bagi sektor-sektor bisnis pendukung lokal, serta melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat.

Merdeka melaporkan kinerja keuangan secara reguler kepada pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya melalui Laporan Keuangan maupun Laporan Tahunan.

Total Nilai Ekonomi yang Dihasilkan

Total pendapatan Merdeka pada 2021 adalah AS$381 juta, meningkat 19,4% dari 2020. Lonjakan pendapatan ini disumbang oleh peningkatan produksi Tambang Tembaga Wetar dan Tambang Emas Tujuh Bukit yang kembali beroperasi penuh setelah heap leach pad selesai diperbaiki. Selain itu, terjadi peningkatan harga penjualan tembaga sebesar 54,2% pada 2021.

Nilai Ekonomi yang Didistribusikan

Meskipun diterpa kondisi ekonomi yang sulit akibat pandemi global COVID-19, Merdeka tetap mempertahankan komitmennya terhadap tanggung jawab sosial. Total nilai ekonomi yang didistribusikan Merdeka pada 2021, sebesar AS$373,8, merupakan yang tertinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pembayaran kepada Pemerintah

Kontribusi finansial Merdeka berupa pembayaran pajak dan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Pada 2021, Merdeka membayarkan pajak sebesar AS$49,9 juta (naik 103% dari tahun sebelumnya) dan PNBP berupa royalti sebesar AS$13,5 juta (turun 15% dari 2020).

Investasi kepada Masyarakat

Pada 2021, Merdeka menginvestasikan AS$2,8 juta untuk peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat lokal. Utamanya dalam sektor kesehatan, infrastruktur, dan perbaikan ekonomi lokal, termasuk dukungan kepada tumbuhnya sektor-sektor ekonomi baru di masyarakat yang terkait dengan rantai pasok kepada perusahaan dan diversifikasi pendapatan.

Gaji dan Tunjangan Karyawan

Merdeka memberikan gaji dan tunjangan sesuai, bahkan melebihi, ketentuan minimum regulasi. Pada 2021, terjadi penambahan signifikan jumlah karyawan Merdeka, termasuk nilai reward dan performance. Gaji dan tunjangan karyawan yang dibayarkan Merdeka pada 2021 adalah AS$55,8 juta, meningkat 24% dibandingkan 2020.

Prioritas Tenaga Kerja dan Pemasok Lokal

Per 31 Desember 2021, total penerimaan tenaga kerja yang berasal dari Ring 1 (wilayah kecamatan) dan Ring 2 (wilayah kabupaten dan provinsi) di dua operasi (Tambang Emas Tujuh Bukit dan Tambang Tembaga Wetar) dan satu proyek kami (Proyek Emas Pani) berkisar di antara 66,0% sampai 71,2%, lebih tinggi dari 2020 (60%–70%) dan 2019 (52,7%–68,9%).

Laporan Keberlanjutan

Karya fotografi Sainuddin Arga (BSI) yang menjadi Favorite Winner dalam kompetisi foto Hari Bumi.

Kompetisi Karyawan Merdeka

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.