Skip links

Pemangku Kepentingan

Panen padi kelompok Sekar Arum yang turut didukung PT Bumi Suksesindo di Banyuwangi, East Java. [Foto: M. Afan Arisandi/BSI]
Merdeka selalu berupaya untuk menjalin hubungan baik dengan semua pemangku kepentingan kami berdasarkan asas saling percaya dan saling menghormati. Merdeka mengutamakan dialog melalui berbagai pertemuan rutin dengan para pemangku kepentingan untuk membahas dan merumuskan solusi bersama mengenai persoalan ekonomi, lingkungan, dan sosial yang terkait dengan operasi tambang kami.

Merdeka mengacu pada AA 1000: Stakeholder Engagement Standard (SES) 2015 dalam proses identifikasi, pengutamaan, dan pengembangan hubungan dengan semua pemangku kepentingan. Keterlibatan aktif yang inklusif, transparan terhadap isu-isu yang relevan, serta tanggap dalam menawarkan terobosan inovatif dan berkelanjutan, sebagaimana ditekankan dalam AA 1000: SES, menjadi acuan Merdeka dalam menjalin hubungan baik jangka panjang dengan para pemangku kepentingan, dari pemegang saham, investor, karyawan, serikat pekerja, pemasok, komunitas, pemerintah, akademisi, media, serta organisasi masyarakat sipil.

Merdeka secara rutin memutakhirkan peta pemangku kepentingan demi memastikan tidak ada pemangku kepentingan yang aspirasinya terlewatkan, juga untuk melancarkan penerapan program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). Merdeka juga menghormati budaya, tradisi, dan adat istiadat komunitas lokal, serta mendukung upaya-upaya pemajuan kebudayaan dan adat setempat yang merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya menjaga keseimbangan hidup antara manusia dan alam.

Merdeka menyadari bahwa hubungan baik dengan para pemangku kepentingan kami merupakan elemen utama keberlanjutan bisnis. Kami percaya bahwa manajemen pemangku kepentingan yang efektif akan menciptakan nilai dan membantu perusahaan dalam mengelola risiko dan mengkomunikasikan tujuan bisnis kami.

Topik atau masalah utama yang sering diangkat oleh masing-masing kelompok pemangku kepentingan dan saluran keterlibatan pemangku kepentingan pada 2021 dapat dilihat dalam dua tabel berikut.

Laporan Keberlanjutan

Karya fotografi Sainuddin Arga (BSI) yang menjadi Favorite Winner dalam kompetisi foto Hari Bumi.

Kompetisi Karyawan Merdeka

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.