Skip links
Tim perawatan sedang melakukan pelatihan meningkatkan kemampuan penggunaan alat. [FOTO: BKP-BTR]

Nilai-nilai Merdeka sebagai Jati Diri

Merdeka sudah menetapkan Greatness sebagai nilai-nilai inti perusahaan. Nilai-nilai inilah yang akan memandu Merdeka menjadi perusahaan terkemuka.

Hutan di belakang kantor MIA (Mine Infrastructure Area) masih diselimuti kabut yang mulai menipis sementara matahari terlihat malu-malu memancarkan panasnya pada pukul enam pagi itu. Sekelompok karyawan berdiri melingkar di area workshop untuk toolbox meeting yang dipimpin Yakub Pangihutan, Supervisor Departemen Maintenance.

Ada yang berbeda dari pertemuan toolbox sejak sebulan belakangan. Sebelumnya, materi pertemuan hanya berfokus pada keselamatan kerja. Pagi itu, Yakub mengulang menyebutkan beberapa nilai yang harus diperhatikan dan dijalankan oleh timnya. Dia menyebut materi yang disampaikannya adalah nilai-nilai inti perusahaan.

Grup Merdeka memang sudah mencanangkan nilai-nilai inti perusahaan: Greatness (Growth atau Pertumbuhan, Respect atau Rasa Hormat, Accountabilty atau Akuntabilitas, Excellence atau Unggul, dan Safety atau Keselamatan). Perusahaan meyakini bahwa pertumbuhan hanya bisa diraih dengan saling menghormati, bekerja dengan bertanggung jawab, meraih hasil-hasil yang unggul, dan kesemuanya itu dikerjakan dengan mengedepankan keselamatan. Merdeka mulai mensosialisasikan nilai-nilai intinya pada 26 Desember 2020 melalui town hall daring.

Kemudian, pada 21 Januari 2021, Merdeka mengirimkan video ringkasan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan melalui email, juga mengunggahnya di jaringan intranet perusahaan. “Kami berharap program sosialisasi awal ini lebih mengakrabkan kita, para Insan Merdeka, terhadap Visi, Misi dan Nilai-nilai Inti Perusahaan, dan bersama-sama menjadikan Greatness sebagai panduan dalam beraktivitas di luar dan di dalam lingkungan perusahaan,” ujar Deni Indra Kelana dari HRD MCG, yang terlibat intens dalam perancangan nilai-nilai.


Sebuah perusahaan, lembaga, dan termasuk orang per orang pun selalu membutuhkan atau menghayati nilai-nilai yang memandu tindakan mereka. Berdasarkan nilai-nilai itu, prioritas ditetapkan dan keputusan diambil. Ukuran keberhasilan, tak pelak tergantung pada nilai-nilai macam apa yang dipegang.

Merdeka membutuhkan nilai-nilai yang secara tegas dinyatakan karena itulah prinsip-prinsip yang menyatukan, mengatur bagaimana semuanya bekerja dan berinteraksi—termasuk di masyarakat. Dengan kata lain, nilai-nilai inti akan memandu semua insan Merdeka bersikap dan bertindak profesional. Sebagai perusahaan yang relatif muda, tetapi sudah banyak melakukan aktivitas besar—mulai mengoperasikan tambang sampai go public—Merdeka memang sudah waktunya mempunyai identitas yang lebih tegas. Karyawan datang dari banyak tempat kerja yang membawa kultur yang berbeda-beda. Tanpa nilai-nilai inti yang dihayati bersama, “tabrakan” bisa saja terjadi sekalipun semuanya sama-sama punya niat baik.

Merdeka merancang Greatness sejak 2019. Sebelumnya, Merdeka menggunakan visi (pemimpin global dalam industri pertambangan dan logam Indonesia) dan misi (menjadi mitra pengembang pilihan dalam industri pertambangan dan logam; menjadi yang terdepan dalam keselamatan, pelestarian lingkungan, dan CSR; menghasilkan nilai unggul dan keuntungan bagi investor melalui investasi yang cermat dan pengembangan proyek yang efektif; serta menjadi yang terdepan dalam efisiensi dan inovasi) yang sudah ditetapkan pada 2012 bersamaan dengan waktu pendiriannya. Visi adalah mimpi atau tujuan sebuah perusahaan, misi adalah cara meraihnya, sementara nilai-nilai yang membangun kultur adalah pendukung utama visi dan misi.

Nilai-nilai Greatness adalah penggalian lebih saksama dari visi dan misi. Pertimbangannya, saat ini makin banyak operasi dan makin banyak karyawan, jadi beberapa hal memang harus dinyatakan lebih tegas.

Keselamatan adalah nilai yang paling mudah dipahami karena yang satu ini hukumnya wajib. Secara keseluruhan, Grup Merdeka pernah beroperasi tanpa LTI (Lost Time Injure atau cedera yang mengakibatkan hilangnya waktu kerja) sepanjang 2019, dan mencatatkan rekor keselamatan kerja hingga 20 juta jam. Sayang, skor ini gagal dipertahankan pada 2020 karena terjadi kecelakaan kecil. Meskipun demikian, untuk sebuah perusahaan tambang baru, catatan Merdeka cukup mengesankan sehingga bisa dibilang nilai keselamatan sudah melekat pada semua personel.

Safety adalah segalanya dalam bekerja. Semuanya akan sia-sia bila kita tidak bekerja dengan safety,” kata Jeffry Mounty, yang dibenarkan oleh rekannya Ilyas Musa. Keduanya adalah putra daerah yang bergabung dengan Proyek Pani sejak 2019 ketika proyek pengeboran dimulai. Tingginya kepedulian pada keselamatan juga dirasakan oleh Feni Imasari, salah satu admin di Departemen Maintenance BSI. Ia menyebutkan berbagai peranti di PT BSI seperti Golden Rules, JSEA, OK-KAN, TAHAN, Takon-7, dan kepatuhan karyawan berperan besar dalam peraihan catatan bagus 20 juta kerja tanpa kecelakaan itu.

Bagaimana dengan nilai-nilai yang lain? Pada 2020, pertumbuhan Merdeka cukup sehat sekalipun ada insiden operasi pelindian di PT BSI dan belum optimalnya operasi Wetar. Nah, ke depan, pertumbuhan seperti apa yang diinginkan Merdeka: Apakah cukup sekadar sedikit lebih baik dari kemarin atau lebih dari itu? Tentu saja, Merdeka mengharapkan pertumbuhan serius—hal ini antara lain ditunjukkan dengan membesarkan usaha dan menggelar serangkaian pelatihan untuk karyawan agar mereka semakin berkembang.

Pribadi yang berkembang pada akhirnya akan menjadi pribadi unggul yang menghadirkan dan selalu bertekad menjadi yang terbaik. Samuel Lumele, petugas medis di Pani yang berasal dari Toraja, menyatakan bahwa karyawan harus senantiasa bekerja dengan cerdas. “Karyawan harus terus-menerus meningkatkan pengetahuan dan ilmunya, harus memiliki kemampuan lebih,” ujar Samuel.

Akuntabilitas bisa dilihat antara lain dari bagaimana Merdeka menjalankan bisnis selama ini. Ada panduan yang jelas yang menyatakan larangan atas praktik-praktik curang—dan ini diterapkan juga kepada mitra dan pemangku kepentingannya.

Adapun respek atau rasa hormat adalah sesuatu yang tumbuh secara organik—seseorang bisa dihormati yang lain jika memang ia layak, dan ia sendiri menunjukkan rasa hormat kepada orang lain. Menurut James Oral Tombokan, yang berasal dari Bolaang Mongondow dan bergabung ke Pani sejak awal 2020 lalu sebagai asisten geolog, saling menghormati sesama karyawan merupakan sebuah keharusan. “Tanpa itu, kerja sama tim tidak akan jalan,” ujar James.

Respek Merdeka pada pemangku kepentingan sangat terlihat semasa pandemi COVID-19 setahun belakangan ini. Rasa hormat, dalam hal ini adalah hormat pada kemanusiaan, inilah yang mendorong Merdeka menyalurkan bantuan di berbagai wilayah dan berperan aktif mencegah penyebaran virus yang berbahaya.


Nilai-nilai yang termaktub dalam Greatness sejatinya tidak terlalu asing bagi karyawan Merdeka. Kampanye mengenai nilai-nilai ini sudah dilakukan melalui berbagai saluran seperti yang sudah disebutkan—bahkan termasuk pemasangan banner di gerbang utama setiap site. Feni dari PT BSI, misalnya, mengetahui Greatness dari membaca buklet; sementara Lucky Wardhani, staf Departemen Enviro di PT BSI, mengetahui melalui video. Meskipun demikian, mereka berdua, dan banyak karyawan lainnya berharap ada sosialisasi lanjutan.

Harapan tersebut wajar belaka. Karyawan yang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tujuan perusahaan akan bekerja lebih keras untuk mencapainya. Mereka menjadi lebih tahu tentang apa yang diharapkan dari mereka. Dan, karyawan yang terlibat adalah aset paling berharga bagi sebuah perusahaan.

Merdeka mafhum bahwa menjadikan nilai-nilai sebagai budaya yang benar-benar dihayati memang bukanlah pekerjaan satu-dua hari. Untuk mewujudkannya, perlu role model di setiap lini—dan mereka yang menempati posisi penting di manajemen harus benar-benar walk the talk atau memberi teladan.

Merdeka juga sangat sadar bahwa nilai-nilai bisa berkembang sesuai tuntutan zaman. Idealnya, nilai-nilai inti sebuah perusahaan memang datang dari dua arah: top-down dan bottom up. Tapi, untuk saat ini, Greatness adalah rumusan solid yang menjawab kebutuhan Merdeka untuk menjadi perusahaan terkemuka.

Situs web ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman web Anda.